Tentang PIDI


Perkumpulan Interaksi Digital Indonesia (PIDI) lahir melewati sebuah perjalanan yang panjang.

Pada tahun 2011, ACM SIGCHI – sebuah organisasi pendidikan dan ilmiah komputasi non profit yang berasal dari Amerika Serikat mengadakan Workshop Interaksi Manusia dan Komputer Asia yang pertama di Beijing, China. Di dalam workshop, Dr. Eunice Sari dan Adi Tedjasaputra sebagai delegasi Indonesia ikut menggagas ide pendirian chapter ACM SIGCHI di negara-negara Asia, termasuk Indonesia, dengan tujuan mengembangkan bidang HCI/UX/CX di Asia dalam bidang akademik maupun industri. Pada tanggal 19 Mei 2014, Indonesia ACM SIGCHI Chapter atau yang dikenal dengan nama panggilan CHI UX Indonesia untuk pertama kalinya dilahirkan di negeri kita tercinta. Kemudian, sebagai langkah untuk membuat Indonesia ACM SIGCHI Chapter menjadi sebuah organisasi yang memiliki dasar hukum, kami pun mendaftarkan organisasi ini sebagai sebuah perkumpulan yang terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia, dengan nama Perkumpulan Interaksi Digital Indonesia.

Perkumpulan Interaksi Digital Indonesia (PIDI) adalah organisasi profesi, yaitu organisasi nir-laba (not-for-profit organization) yang menghimpun ahli-ahli pekerja interaksi digital Indonesia dalam satu wadah untuk bersatu padu untuk meningkatkan daya saing Indonesia melalui keahlian dan profesi pekerja interaksi digital Indonesia. Dengan maksud dan tujuan menghimpun potensi pekerja interaksi digital Indonesia untuk menjadi penggerak pembangunan dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

  1. Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut di atas, Perkumpulan akan menjalankan berbagai kegiatan sebagai berikut :
  2. Melaksanakan sertifikasi di bidang interaksi digital sebagai tolak ukur standar kualitas keprofesian.
  3. Menjaga kepercayaan pemakai jasa dan masyarakat luas atas hasil kerja profesi pekerja interaksi digital yang tergabung dalam Perkumpulan
  4. Mengumpulkan dan menyebarkan informasi terkait dengan interaksi digital melalui berbagai media.
  5. Bekerja sama dengan institusi terkait untuk menyelenggarakan penelitian, pertemuan-pertemuan, kelompok diskusi dan lokakarya, ceramah, seminar pengembangan profesional dan tutorial seputar interaksi digital.

Perkumpulan Interaksi Digital Indonesia (PIDI) is a non profit organization (based on Regulation of the Minister of Law and Human Rights of the Republic of Indonesia Article 1 Number 1, Number 3 of 2016), legal entity for PIDI: Decree of The Minister of Law and Human Rights with Number AHU-0001223.AH.01.08. Year 2020 about Approval of changes to Legal Entity of Perkumpulan Interaksi Digital Indonesia (ASSOCIATION INDONESIAN DIGITAL INTERACTION SOCIETY). We are registered at Directorate General of General Legal Administration, Ministry of Law and Human Rights, Republic of Indonesia.